Minggu, 22 Mei 2016

Evaluasi Akhir Semester MPPL F

Nama : Moch. Imam Zarqoni
NRP: 5113100154
Kelas: F

Deskripsi Proyek

Judul proyek : Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web di SMA YPPI 1 Surabaya.

Deskripsi :
Penciptaan sebuah sistem informasi perpustakaan sangat dimungkinkan untuk mempermudah pustakawan dalam pengelolaan bahan pustaka serta mempermudah dalam melayani pemustaka. Penerapan sistem informasi perpustakaan berbasisi web di perpustakaan dapat diterapkan di berbagai jenis perpustakaan, salah satunya adalah perpustakaan sekolah.

Perpustakaan sekolah didirikan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka di lingkungan sekolah, selama ini pengelolaan dan pelayanan yang diberikan perpustakaan masih bersifat manual yang memberikan dampak bagi pengelolaan dan pelayanan terhadap pemustaka. Bisa dibayangkan apabila terdapat ribuan koleksi bahan pustaka, ratusan anggota dan jumlah peminjaman yang banyak maka akan memerlukan waktu lama dalam proses pengelolaan bahan pustaka dan pelayanan terhadap pemustaka.

Melihat adanya fenomena mengenai penerapan sistem informasi perpustakaan sekolah menengah atas, dapat dikatakan bahwa masih banyak perpustakaan sekolah menengah atas yang masih menggunakan sistem manual, untuk itu diperlukan sebuah perencanaan untuk menerapkan sistem informasi perpustakaan. Sehubungan dengan masalah sistem informasi perpustakaan, penulis memilih tempat perpustakaan sekolah menengah atas YPPI 1 surabaya sebagai tempat untuk dijadikan sebuah penelitian mengenai perencanaan sistem informasi khususnya mengenai rancang bangun sistem informasi perpustakaan berbasis web.

Hal ini dikarenakan perpustakaan sekolah menegah atas YPPI 1 Surabaya masih mengggunakan sistem layanan manual, tuntutan kebutuhan pengguna atas pelayanan koleksi secara bersama dan efisiensi waktu dan biaya membuat perpustakaan SMA YPPI 1 Surabaya untuk menerapkan sistem informasi di perpustakaan. Dengan adanya perubahan sistem pelayanan informasi secara manual menjadi sistem informasi berbasis web ini diharapkan segala aktivitas sistem tersebut memberikan kemudahan bagi perpustakaan untuk melakukan kegiatan melayani pengguna dan memenuhi tuntutan pengguna akan perubahan layanan diperpustakaan.

 Link Dokumentasi yang dikerjakan:
1. Link KAK
2. Link Project Charter
3. Link Manajemen Waktu
4. Link Manajemen Biaya
5. Link Manajemen SDM
6. Link Manajemen Resiko
7. Link Dokumen Lengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar