KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)
1.
LATAR BELAKANG
|
Perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi yang begitu cepat dalam dunia ini, membuat banyak masyarakat
sadar akan pentingnya informasi. Media informasi dan telekomunikasi merupakan
media yang dapat digunakan dalam proses transaksi informasi. Dengan adanya
teknologi informasi dan telekomunikasi yang berkembang pesat dalam dunia
perpustakaan membuat perpustakaan menggunakan teknologi dalam proses
kegiatannya.
Menurut Muharti (2004), penerapan
TI di perpustakaan dapat difungsikan dalam berbagai bentuk, yaitu sebagai
sistem informasi manajemen perpustakaan dimana kegiatan atau pekerjaan yang
dapat diintegrasikan dengan sistem informasi perpustakaan antara lain adalah
pengadaan, inventarisasi, katalogisasi, sirkulasi bahan pustaka, serta
pengelolaan data anggota dan statistik.
Sedangkan Menurut McLean dan
Wetherbe (Kadir : 2003) Penerapan teknologi disertai dengan sistem informasi
dapat melaksanakan komputasi numeric bervolume besar dan kecepatan tinggi,
menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah,
akurat dan cepat menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang
yang kecil tetapi mudah diakses. Penerapan sistem informasi merupakan bagian
perubahan dalam kegiatan pelayanan jasa informasi di perpustakaan. Banyak
perpustakaan berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah sistem informasi.
Penciptaan sebuah sistem informasi
perpustakaan sangat dimungkinkan untuk mempermudah pustakawan dalam
pengelolaan bahan pustaka serta mempermudah dalam melayani pemustaka.
Penerapan sistem informasi perpustakaan berbasisi web di perpustakaan dapat
diterapkan di berbagai jenis perpustakaan, salah satunya adalah perpustakaan
sekolah.
Perpustakaan sekolah didirikan
untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka di lingkungan sekolah, selama
ini pengelolaan dan pelayanan yang diberikan perpustakaan masih bersifat
manual yang memberikan dampak bagi pengelolaan dan pelayanan terhadap
pemustaka. Bisa dibayangkan apabila terdapat ribuan koleksi bahan pustaka,
ratusan anggota dan jumlah peminjaman yang banyak maka akan memerlukan waktu
lama dalam proses pengelolaan bahan pustaka dan pelayanan terhadap pemustaka.
Melihat adanya fenomena mengenai
penerapan sistem informasi perpustakaan sekolah menengah atas, dapat
dikatakan bahwa masih banyak perpustakaan sekolah menengah atas yang masih
menggunakan sistem manual, untuk itu diperlukan sebuah perencanaan untuk
menerapkan sistem informasi perpustakaan. Sehubungan dengan masalah sistem
informasi perpustakaan, penulis memilih tempat perpustakaan sekolah menengah
atas YPPI 1 surabaya sebagai tempat untuk dijadikan sebuah penelitian
mengenai perencanaan sistem informasi khususnya mengenai rancang bangun
sistem informasi perpustakaan berbasis web.
Hal ini dikarenakan perpustakaan
sekolah menegah atas YPPI 1 Surabaya masih mengggunakan sistem layanan
manual, tuntutan kebutuhan pengguna atas pelayanan koleksi secara bersama dan
efisiensi waktu dan biaya membuat perpustakaan SMA YPPI 1 Surabaya untuk
menerapkan sistem informasi di perpustakaan. Dengan adanya perubahan sistem
pelayanan informasi secara manual menjadi sistem informasi berbasis web ini
diharapkan segala aktivitas sistem tersebut memberikan kemudahan bagi
perpustakaan untuk melakukan kegiatan melayani pengguna dan memenuhi tuntutan
pengguna akan perubahan layanan diperpustakaan.
|
2.
MAKSUD DAN TUJUAN
|
Mempermudah pustakawan dalam
pengelolaan bahan pustaka serta mempermudah dalam melayani pemustaka dengan
dukungan teknologi informasi.
|
3.
SASARAN
|
Membanguan sistem yang dapat
mendigitalisasi semua proses transaksi pada perpustakaan SMA YPPI 1 Surabaya.
|
4.
NAMA DAN ORGANISASI PENGGUNA JASA
|
Perpustakaan SMA YPPI 1 Surabaya
|
5.
SUMBER PENDANAAN
|
Dana Yayasan YPPI, dengan biaya sekitar Rp. 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah) termasuk pajak-pajak yang menyertainya.
|
6.
LINGKUP, LOKASI KEGIATAN, DATA DAN
FASILITAS PENUNJANG SERTA ALIH PENGETAHUAN
|
a.
Lingkup Kegiatan
I. Pengembangan fitur-fitur utama dari sistem informasi perpustakaan
berbasis web sebagai berikut
1.
Menambahkan buku baru
2.
Mengkategorikan buku
3.
Melayani pendaftaran anggota
4.
Menampilkan data petugas dan anggota
5.
Melayani peminjaman buku
6.
Melayani pengembalian buku
7.
Mencetak laporan peminjaman
II. Pengembangan database yang dapat mendukung fitur yang dikembangkan pada
poin I
1.
Pengembangan Struktur Database
2.
Pengembangan Database Relationship
III. Membuat dokumentasi yang lengkap (kertas dan elektronik) untuk sistem
informasi perpustakaan yang dibangun meliputi:
1.
User Requirement,
2.
User Interface,
3.
Testing (Case Test, Unit Test, Integration Test, Acceptance Test)
4.
Database Dictionary,
5.
Form Input/Output,
6.
Source Code yang dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna jasa.
7.
User Manual.
IV.
Pengadaan hardware
1. Server dengan spesifikasi : - Processor Intel Core 2 Duo/2,4 Ghz - Memory 1 GB DDR2 - Harddisk 80 GB - Sistem Operasi Linux Ubuntu 14.04 - Optical Drive DVD-ROM 2. Printer Kartu 3. Barcode Scanner
b.
Lokasi Kegiatan
Perpustakaan SMA YPPI 1 Surabaya
c.
Data dan Fasilitas Penunjang
I.
Penyediaan oleh pengguna jasa
Data dan fasilitas yang disediakan
oleh pengguna jasa yang dapat digunakan dan harus dipelihara oleh penyedia
jasa:
1.
Laporan dan Data
· Formulir yang terkait dengan
administrasi perpustakaan,
2.
Akomodasi dan Ruangan Kantor
· Ruangan dan Hotspot
· Barcode Scanner (untuk scan buku
dan kartu anggota)
· Printer Kartu (untuk pencetakan
kartu anggota)
3.
Fasilitas yang disediakan oleh pengguna jasa yang dapat digunakan oleh
penyedia jasa (bila ada).
II.
Penyediaan oleh penyedia jasa
Penyedia jasa harus menyediakan dan
memelihara semua fasilitas dan peralatan yang dipergunakan untuk kelancaran pelaksanaan
pekerjaan
· Personal Computer atau laptop/note
book
d.
Alih Pengetahuan
Penyedia jasa harus mengadakan
pelatihan, kursus singkat, diskusi, dan seminar (miniworkshop) terkait dengan
substansi pelaksanaan pekerjaan dalam rangka alih pengetahuan kepada staf/tim
teknis di perpustakaan SMA YPPI 1 Surabaya.
|
7.
METODOLOGI
|
Metodologi penelitian ini
menggunakan pendekatan pengembangan sistem dengan model waterfall model
dimana implementasi rekayasa aplikasi perpustakaan berbasis php yang
diterapkan di perpustakaan SMA YPPI 1 di gunakan dan di uji coba untuk
mengetahui kemampuan dari sistem yang telah dibuat.
|
8.
JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
|
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
ini adalah selama ± 60 (enam puluh) hari kalender dan harus dilaksanakan
proses user acceptance test dengan waktu pelaksanaan minimal 5 (lima) hari
kerja dari tanggal serah terima pekerjaan.
|
9.
KUALIFIKASI
|
Kualifikasi yang diharuskan
dipenuhi oleh Penyedia Jasa adalah:
1.
Memiliki latar belakang dan pengalaman dalam bidang Perancangan dan
Pembangunan Aplikasi.
2.
Pernah menjadi Penyedia Jasa dalam bidang Perancangan dan Pembangunan
Aplikasi untuk dua organisasi berbeda.
3.
Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Perancangan
dan Pembangunan Aplikasi.
4.
Memiliki kemampuan untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
5.
Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna.
6.
Sanggup untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang/jasa secara
sempurna selama satu tahun sejak serah terima.
7.
Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal
pekerjaan.
|
10.
TENAGA AHLI
|
Tenaga ahli yang diperlukan untuk
melaksanakan pekerjaan ini adalah :
a.
Ketua Tim (Project Manager)
Ketua Tim disyaratkan seorang,
minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi
negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman
dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi
sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Sebagai ketua tim, tugas utamanya
adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan
pekerjaan selama masa projek sampai dengan
pekerjaan dinyatakan selesai.
Jumlah yang harus disediakan 1
(satu) orang.
b.
Sistem Analis
Sistem analis yang disyaratkan
adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan
perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat,
yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat
lunak komputer berbasis web dan data base sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.
Jumlah yang harus disediakan
minimal 2 (dua) orang.
c.
Programmer/Developer
Programmer/Developer yang
disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan
tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan
pengalaman sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.
Jumlah yang harus disediakan
minimal 3 (tiga) orang.
d.
Database Administrator
Database Administrator yang
disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan
tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan
pengalaman sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.
Jumlah yang harus disediakan
minimal 2 (dua) orang.
|
11.
KELUARAN
|
Keluaran yang dihasilkan dari
pelaksanaan pekerjaan ini adalah :
1.
Perangkat lunak sistem informasi perpustakaan berbasis web yang dapat
dioperasionalkan dan digunakan untuk menangani administrasi perpustakaan
sehingga dapat meningkatkan kecepatan penanganan, efisiensi, dan menghasilkan
output yang lebih baik dan berkualitas.
2.
Dokumentasi yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi, antara lain
dan tidak terbatas pada requirement, desain sistem, konfigurasi sistem dan
arsitektur program;
3.
Program dengan source code;
4.
Dokumentasi seluruh sistem dan perangkat lunak berupa technical manual;
5.
Dokumentasi SOP (system operating procedure) maupun SMP (system
maintenance procedure);
6.
Instalasi aplikasi;
7. Instalasi Server, Setting Barcode Scanner dan Instalasi Printer Kartu; 8. Pelatihan, pendampingan/asistensi, garansi dan pemeliharaan. |
12.
LAPORAN
|
Jenis laporan yang harus diserahkan
kepada pengguna jasa adalah:
a.
Laporan Pendahuluan, berisi :
1.
Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh;
2.
Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya;
3.
Jadwal kegiatan penyedia jasa
b.
Laporan Mingguan, berisi :
1.
Aktifitas yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim pengembangan
aplikasi;
2.
Hasil yang telah dicapai maupun (apabila ada) kendala-kendala yang
dialami serta rencana penanganan kendala tersebut;
3.
Prosentase hasil pekerjaan terhadap hasil akhir yang telah ditetapkan;
c.
Laporan Akhir, berisi :
1.
Laporan pendahuluan;
2.
Laporan Mingguan;
3.
Dokumentasi lain yang berkaitan dengan kegiatan proyek pengembangan
sistem ini sebagaimana dimaksud pada point 6 dan 11;
|
LIngkup barcode
BalasHapusSpesifikasi hardware
Keluaran... instalasi server dan perangkat belum ada